SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Senin, 18 Oktober 2010

Pembebasan Tanah Ulayat Bandara Kaladiri Selesai




Written by Mr Suroso   
Monday, 18 October 2010 05:19
NABIRE – Kamis (14/10) siang kemarin, pemerintah daerah melalui Bupati Nabire telah membayar dan melunasi pembayaran hak ulayat pembebasan tanah Bandara Kalidiri Kabupaten Nabire. Pembayaran sekaligus penyelesaian masalah tanah sebesar 2,3 milyar yang dialokasikan dari APBD TA 2010 Kabupaten Nabire ini merupakan pelunasan terakhir.
“Pemda hari ini telah melunasi dan membayar dana penyelesaian hak ulayat. Pembayaran tanah bandara kepada masyarakat dari Suku Wate ini merupakan pembayaran yang terakhir,” terang Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, kepada media ini kemarin.
Dikatakan, pembayaran pembebasan tanah Bandara Kaladiri ini seluruhnya sekitar 6 milyar lebih. Pembayaran pertama sekitar 4 milyar lebih dan terakhir pada hari ini dibayarkan sisanya sebagai pelunasan.
Dana untuk pembebasan tanah ini, lanjut bupati, dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dan dana pembebasan hak ulayat ini telah diterima pihak masyarakat yang tentunya berhak atas tanah yang digunakan untuk pembangunan Bandara Kaladiri Nabire.
Khusus untuk pembayaran hari ini, terang bupati, telah disaksikan oleh sejumlah masyarakat. Dan pembayarannya langsung diserahkan oleh perwakilan dari Suku Wate di sekitar areal pembangunan Bandara tersebut. Jadi segala persoalan ataupun terkait pembebasan hak ulayat sudah tidak bermasalah lagi.
“Tadi segala sesuatunya sudah diselesaikan dan diterima, baik itu pelepasan tanah hak ulayat, berita acara dan penyerahan sertifikat tanah sudah dinyatakan selesai. Sehingga tidak ada lagi permasalahan menyangkut tanah di Bandara ini,” tegasnya.
Selanjutnya, dari pelepasan adat, berita acara dan sertifikat tanah bandara ini akan dibawah ke Dinas Perhubungan Provinsi maupun pusat guna diketahui dan untuk kepentingan proses kegiatan berikutnya.
Sementara itu menjawab pertanyaan media ini seputar proses pengerjaan Bandara tersebut, Bupati Isaias menjelaskan, saat ini telah dikerjakan pembangunan landasan bandara sekitar 2 Km. Sesuai tahapannya akan diproses secara bertahap.
“Kalau proses pengerjaan sudah berjalan, dan untuk saat ini sudah sekitar 2 kilo yang sudah dikerjakan oleh pihak kontraktor,” akhirnya. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar