SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Senin, 11 Oktober 2010

Selamat Datang di Situs Calon Walikota Pemtang Siantar 2010-2015 !!


 Ir RE Siahaan Berobsesi Mengembalikan Kota P Siantar Pencetak SDM Berkualitas
Angkat Tangan(SIB)...
ANGKAT TANGAN: Pasangan Balon Walikota-Wakil Walikota Pematangsiantar periode 2010-2015 Ir RE Siahaan-H Burhan Saragih SH diapit masing-masing istri tengah mengangkat tangan tinggi-tinggi mengisyaratkan kekompakan untuk bertarung dalam Pemilukada dijadualkan tanggal 9 Juni 2010 mendatang. Gambar ini dijepret wartawan SIB seusai mendaftar ke Kantor KPUD di Jln Porsea, Pematangsiantar, belum lama ini. (Foto SIB/ Harryson Manurung )

Pematangsiantar (SIB)
Obsesi Ir RE Siahaan Balon Walikota Pematangsiantar periode 2010-2015 dalam visi misi menggariskan komitmennya untuk mengembalikan kota Pematangsiantar sebagai “pencetak” sumber daya manusia (SDM) berkualitas, baik sebagai pengusaha, ilmuwan, rohaniawan, politisi maupun birokrat, tersebar hingga ke daerah-daerah. Karena itu kota Pematangsiantar akan dijuluki sebagai pengekspor SDM yang bermutu.
Obsesi itu bukan hanya terbias di angan-angan. Obsesi itu disurvei lalu dirancang dan dikemas secara ilmiah di dalam bentuk program tertulis untuk direalisir lima tahun ke depan. Setahap demi setahap mencetak SDM berkualitas realisasi pemikiran brilian Balon Walikota Ir RE Siahaan memprioritaskan pembangunan infrastruktur pendidikan. Artinya, diproyeksikan pembangunan perguruan tinggi negeri dan penambahan tiga USB (unit sekolah baru) SMA, satu unit sudah terlaksana.
Di masa akan datang Pemerintah kota Pematangsiantar akan lebih intensif mendayagunakan SDM yang potensial tersebut melalui pengembangan “networking” SDM guna mempercepat pengembangan daerah tersebut. Sistematika penyusunan program lima tahun ke depan dirancang apik, terarah dan terukur serta solusi mengatasi problem solving.
Balon Walikota Pematangsiantar Ir RE Siahaan periode 2010-2015 menjabarkan secara ilmiah yang dituangkan dalam visi dan misi pembangunan kota Pematangsiantar. Intisari uraian pencapaian visi, menetapkan langkah-langkah bijak dan strategis, mewujudkan harapan sehingga memiliki pilihan terhadap arah yang dicapai, “terwujudnya Pematangsiantar kota Idaman.”
Konsep kota Idaman dalam pengertian visi dimaksud adalah komitmen politis untuk mewujudkan “kota Sejahtera.” Bingkai kota sejahtera diurai dengan analogi yang sederhana dan mudah dipahami. Pertama, terbinanya hubungan harmonis dan bersinergi antara pemangku kepentingan, kedua terciptanya dukungan masyarakat seluas-luasnya terhadap pembangunan daerah dan ketiga kota Pematangsiantar diprediksi menjadi kota pusat perdagangan dan jasa.
Untuk mewujudkan visi dimaksud Ir RE Siahaan jebolan IPB Bogor membuat suatu rancangan dalam bentuk misi pembangunan kota Pematangsiantar. Membangun suatu kota yang sarat dengan dinamika kehidupan masyarakatnya dirancang dengan perhitungan matang secara psikologis dan sosiologis. Lebih komplit lagi pengalaman RE Siahaan mengendalikan roda pemerintahan kota Adipura tersebut selama lima tahun, terasa cukup menggarami muatan misinya.
Misi pembangunan kota Pematangsiantar dititikberatkan menyelenggarakan pembangunan ekonomi yang adil, berimbang dan merata melalui pendayagunaan potensi daerah secara mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerataan kesempatan kerja/berusaha dan mengurangi kemiskinan. Maksudnya?
Pemerintah Kota Pematangsiantar sesuai kewenangan (Undang Undang No 32 tahun 2004) memfasilitasi, mempromosikan, mendorong tumbuh kembangnya dunia usaha untuk mendayagunakan potensi dan keunggulan komparatif, sebagai daerah perdagangan dan jasa. Lalu pendayagunaan yang diupayakan untuk menjadikan perekonomian Kota Pematangsiantar secara mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan serta menguatnya struktur perekonomian daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan, membuka kesempatan kerja/berusaha, pemerataan pendapatan dan mengurangi kemiskinan.
Potensi modal sosial dan modal spritual dimiliki kota Adipura tersebut mencerminkan salah satu keunikan dan sekaligus keunggulannya adalah penduduknya terdiri beragam etnis/budaya semisal etnis Simalungun, Toba, Jawa, Melayu, Cina India, Minang, Karo, Nias, Pakpak, Aceh dan lain-lain.Kota Pematangsiantar sering disebut atau dijuluki sebagai miniatur Indonesia. Keragaman etnis dan budaya masyarakat merupakan modal sosial (social capital) yang sangat urgen dalam pembangunan ke depan. Keragaman harmonis akan melahirkan pemikiran-pemikiran inovatif, membangun kepercayaan yang dinamis, memperkuat team work pembangunan atau membangun budaya untuk kompetisi yang sehat.
Selain keragaman etnis/ budaya, masyarakat kota Pematangsiantar juga memiliki keragaman agama/kepercayaan. Semua agama-agama besar ada di kota Adipura tersebut semisal Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu hidup secara berdampingan, senantiasa menunjukkan toleransi dan saling menghargai. Konflik antarumat beragama tidak pernah terjadi sepanjang sejarah kota Pematangsiantar.
Mempermulus pointer di atas, Balon Walikota Pematangsiantar Ir RE Siahaan cukup jeli dan cermat dari aspek kacamata kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu suprastruktur. Rumusannya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat agar memiliki kecerdasan majemuk yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.
Pemerintah Kota Pematangsiantar menyelenggarakan dan memfasilitasi terwujudnya peningkatan kualitas SDM dan masyarakat baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan informal. Lebih konkrit dia berbicara soal kualitas SDM yang dituju adalah SDM memiliki kecerdasan majemuk, kecerdasan intelektual (sesuai keahlian/keterampilan), kecerdasan emosional (taat dan cerdas adat/ budaya/hukum) dan kecerdasan spiritual (taat dan cerdas agama/kepercayaan).
Kualitas SDM demikian dijadikan keunggulan dan ciri khas serta keunikan kota Pematangsiantar, Dan, meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan yang taat azas tata kelola pemerintahan (goof governance) dalam rangka pelayanan publik yang prima, tandas Ir RE Siahaan berpasangan dengan H Burhan Saragih SH itu.
Di bagian lain uraian misi dijabarkan juga upaya meningkatkan pembangunan dan mengelola infrastruktur/sarana dan prasarana daerah untuk mendukung pembangunan di segala bidang dan memfasilitasi kegiatan masyarakat.
Tentu bila pasangan Balon Walikota-Wakil Walikota, Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih SH dipercaya rakyat memimpin Pemerintah Kota Pematangsiantar bakal diterapkan hal-hal signifikan. Pemerintah Kota Pematangsiantar membangun dan memfasilitasi tersedianya infrastruktur pembangunan yang layak dan memadai seperti infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan, energi dan infrastruktur lainnya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat.
Lantas penyediaan infrastruktur pembangunan baik kualitas maupun kuantitas dimaksudkan untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi agar memiliki daya saing, membangun keunggulan daerah dalam berinvestasi, mengefisiensikan dan mengefektifkan distribusi barang dan jasa serta memfasilitasi kegiatan produktif masyarakat.
Prof Mubyarto ekonom dari UGM berteori ; “Harus ada kiat-kiat strategi dan muatan kebijakan terukur.” Nah, implementasi teori mantan Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta itu Ir RE Siahaan menguraikan dalam enam pointer lengkap upaya penajamannya.


Minggu, 07 Maret 2010


BAKAL CALON WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA
PEMATANG SIANTAR 2010-2015 DARI JALUR PERSEORANGAN

NO
NAMA PASANGAN
BAKAL CALON

KETERANGAN
1
DR RIA TELAMBANUA
DRS. SURYATNO

Didukung 20.200 orang
2
BARKAT SYAH
IR BONDETH DAMANIK

Didukung 27.846 orang
3
DR MARGAN RP SIBARANI
DRA RUPINA ARUAN

Didukung 20.179 orang
4
PROF POLTAK SINAGA MSI
DRS JALEL SARAGIH

Didukung 17.740 orang
5
Syahrizal Lubis
 dr Petrus


6
FRANS IMANUEL SIMARMATA
DRA. ROKIBA HASIBUAN

Didukung 19.852 orang









Jumlah dukungan
Calon perseorangan

               149.949 orang

CALON WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA
PEMATANG SIANTAR 2010-2015 ( dari PARPOL)

NO
NAMA PASANGAN
BAKAL CALON
DICALONKAN
KETERANGAN
1
IR RE SIAHAAN
Partai Demokrat

2
IR MAHRUM SIPAYUNG MS
EVRA SASSKY DAMANIK S.Sos
PDIP-PPD-PPI

3
HULMAN SITORUS SE
DRS KONI ISMAIL SIREGAR
HAMURA

4
HEROWHIN SINAGA AP, MSI
PDS-PAN

5
REZA SAHPUTRA SH
GOLKAR

Kamis, 04 Maret 2010


Pasangan Balon Walikota/Wakil Walikota “HOKI“ Hulman Sitorus SE – Drs Koni Ismail Siregar Mendaftar ke KPUD P Siantar

Posted in Berita Utama by Redaksi on Maret 4th, 2010
Pasangan(SIB)
Pasangan balon Walikota Hulman Sitorus SE bersama Ny. Mutiara Siagian dan balon Wakil walikota Drs. Koni Ismail Siregar dan Hj Rini Anisah Silalahi beserta massa pendukung tiba dihalaman kantor KPUD P.Siantar ( foto SIB / Ramot Marbun)
Pematangsiantar (SIB)
Diawali dengan doa secara Islam oleh Ustad Narimo SAg dan Kristen oleh Pdt B Parapat MTh, balon Walikota/Wakil Walikota P Siantar Hulman Sitorus SE-Drs Koni Ismail Siregar (Hoki) beserta ratusan pendukung berangkat dari Hulman Center Jalan Laut Tawar menuju KPUD di Jalan Porsea Pematangsiantar, Rabu (3/3).
Di antara ratusan pendukung tampak hadir Ketua DPC Partai Buruh EB Manurung SH, Ketua DPP PPRN Suryani Siahaan SPSi MSP, Ketua DPW PPRN Oclin Silitonga, Ketua DPD Halomoan Silaen, Ketua PPIB Kennedy Parapat SE, Tim kampanye Runggu Napitupulu, Eliakim Simanjuntak dan ibu Rusnuaty Pardosi orangtua Hulman Sitorus.
Rombongan diterima Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH beserta staf dan pada kesempatan itu pihak KPUD membacakan Parpol pendukung balon, yakni Partai Hanura, Partai PNBKI, PPIB, PPRN, Partai Patriot dan Partai Buruh sekaligus meminta kelengkapan administrasi dari balon.
Ketika pihak KPUD membacakan dan memanggil ketua dan sekretaris masing-masing parpol pendukung, ternyata pada saat itu ketua dan sekretaris Partai Hanura dan Partai Patriot belum hadir sehingga acara pendaftaran balon diskors hingga memakan waktu satu jam.
Pendaftaran kembali dibuka setelah pengurus Partai Patriot dan Partai Hanura hadir, namun terkendala akibat Partai Hanura masih bermasalah karena mempunyai dua sekretaris. Akibatnya, Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH beserta staf secara khusus memanggil balon walikota Hulman Sitorus SE beserta pasangannya Drs Koni Ismail Siregar dan Ketua DPC Partai Hanura Pesta N Manurung untuk mengklarifikasi kepengurusan tersebut di kamar kerja ketua KPUD.
Klarifikasi khusus yang dilakukan pihak KPUD akhirnya setelah menempuh waktu satu jam dapat terselesaikan dengan baik dan pendaftaran balon walikota/wakil walikota resmi diterima dengan catatan bila ada hal-hal yang kurang, akan dilengkapi. Pada kesempatan itu Rajaingat Saragih SH mengumumkan kepada balon jadwal pemeriksaan kesehatan, surat keterangan SKCK dari Kepolisisan dan surat dari Pengadilan Negeri.
Usai mendaftarkan diri balon walikota dan wakil walikota pasangan “ HOKI “ Hulman Sitoru SE-Drs Koni Ismail beserta rombongan kembali ke “Hulman Center” dengan acara ramah tamah dan makan bersama.
Hulman Sitorus SE didampingi wakilnya Drs Koni Ismail Siregar ketika diwawancarai mengatakan, pihaknya optimis memenangkan pilkada pada juni 2010 mendatang, karena sebagai pasangan pelangi yang berprofesi sebagai pengusaha dan birokrat akan mampu melakukan perubahan secara total baik di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan, pemerintahan yang bersih dan berwibawa, membangun sebuah kota yang religius dan menciptakan suasana aman dan kondusif di antara masyarakat yang plural baik suku, golongan, agama dan budaya yang semuanya bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Di tengah seribuan massa pendukungnya dengan lantang Hulman Sitorus SE mengatakan, jika terpilih tidak akan korupsi sebab dirinya cukup kaya dan oleh karena itu dia akan komit memberantas korupsi.
Ketua DPP PPRN Suryani Siahaan SPSi MSP, Ketua DPW PPRN Oclim Silitonga dan ketua DPD PPRN Holomoan Silaen juga menyatakan secara tegas Pasangan HOKI akan menang karena mereka akan membawa perubahan untuk pembangunan dengan meningkatkan income perkapita demi kesejahteraan rakyat.
Sementara itu ibunda Hulman Sitoru SE, Rusnuaty Pardosi (82) mengatakan anaknya hanya bisa menang jika Tuhan mengabulkan. “Oleh karena itu saya sebagai ibunya hanya berdoa kepada Tuhan semoga karena kasih dan anugerahNya Tuhan memberkati,” ujarnya. (S7/RM/m)

Lima Ribuan Pendukung Antarkan Pasangan Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih SH Balon Walikota/Wakil Walikota P Siantar Mendaftar ke KPUD

Posted in Berita Utama by Redaksi on Maret 3rd, 2010
DAFTAR(SIB)
DAFTAR: Pasangan RE-Bang Haji tengah mendatar di KPUD Pematangsiantar, Selasa (2/3) dan diterima Ketua KPUD, Rajaingat Saragih SH dan anggota. Proses pendaftaram berlangsung lancar dan tertib. (Foto : SIB/Bulman Harianja BA)
Pematangsiantar (SIB)
Lima ribuan pendukung antarkan pasangan Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih SH Balon Walikota/Wakil Walikota Pematangsiantar periode 2010-2015 mendaftar ke KPUD di Jln Porsea, Pematangsiantar, Selasa (2/3). Diiringi ratusan kendaraan dari berbagai jenis, massa pendukung RE/Bang Haji mengadakan konvoi mengitari ruas-ruas jalan protokol di kota Adipura, disambut antusias warga.
Konvoi kendaraan dipandu mobil vorrydes Polresta itu berjalan aman dan tertib meski sempat memacetkan arus lalulintas. Berkat kesigapan petugas Polantas, kemacetan lalulintas dapat diatasi. Konvoi sekaligus mengarak Balon walikota/wakil walikota RE Siahaan/H Burhan Saragih SH berakhir di titik akhir GOR Jln Merdeka, kota itu.
Acara di GOR, Ir RE Siahaan selaku Ketua DPC Partai Demokrat Pematangsiantar mengukuhkan secara simbolis pengurus DPRt (Dewan Pengurus Ranting) 53 kelurahan. Setiap kelurahan jumlah kepengurusan sebanyak 27 orang. Klimaks acara, tatkala pelantikan Tim Pemenangan Kampanye pasangan RE/Bang Haji. Tim Pemenangan Kampanye RE/Bang Haji adalah Marulitua Hutapea SE didampingi Mahatir Manullang serta didukung seluruh pengurus 18 partai politik pendukung.
Ketua Tim Pemenangan Kampanye Marulitua Hutapea SE mengumumkan nama-nama Parpol pendukung, dengan jumlah perolehan 42.781 suara dalam Pemilu legislatif tahun 2009. Andaikata perolehan suara dari 18 Parpol tetap eksis, maka pasangan Balon walikota/wakil walikota Pematangsiantar Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih SH dipastikan satu putaran saja.
Komentar senada juga disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumatera Utara H Rachmad Hasibuan. Dengan luapan semangat berapi-api, Rachmad Hasibuan optimis, pasangan RE/Bang Haji bukan lagi calon, akan tetapi sudah walikota/wakil walikota Pematangsiantar. Dalam kaitan itu, dia menyerukan supaya kader-kader Partai Demokrat bersama Parpol pendukung saling bahu membahu memenangkan pasangan RE/Bang Haji.
Berdasarkan pengalamannya lima tahun lalu saat mendaftarkan pasangan RE Siahaan ke KPUD dan untuk yang kali kedua Rachmad Hasibuan juga turut mendaftarkan RE/Bang Haji ke KPUD, optimis akan memenangkan Pemilukada dijadualkan 9 Juni 2010 mendatang, ungkap Rachmad Hasibuan.
Disambut hangat
Tatkala mendaftar di Kantor KPUD, pasangan Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih disambut hangat massa yang berjubel di Kantor KPUD. Rajaingat Saragih SH Ketua KPUD dan seluruh anggota mengumbar senyum menerima kedatangan pasangan harmonis tersebut. Berkas pencalonan langsung diserahkan RE Siahaan dan diterima Rajaingat. Penelitian sementara berkas berlangsung lancar.
Batara Manurung anggota KPUD pun mengabsensi dan klarifikasi keabsahan 18 partai politik pendukung pasangan tersebut. Meski diumumkan ada di antara pengurus parpol tidak lengkap hadir sewaktu pendaftaran, proses pendaftaran kata Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH sudah memenuhi syarat.
Kedelapan belas partai politik pendukung dibacakan Batara Manurung adalah Partai Demokrat, PSI, PKPB, PNI Marhaenisme, PKNUI, Partai Merdeka, PDP, Partai Republikan Nusantara, Partai Karya Perjuangan, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Pelopor, Partai Kedaulatan, PKPI, Partai Gerindra, PPRN, Partai Nahdatul Ummat.
Wujud kota idaman
Pasangan ideal jika terpilih memimpin lima tahun ke depan, sudah menyiapkan visi-misi dikemas apik dan ilmiah. Tergambar dalam buku visi-misi setebal 34 halaman folio itu apa dan bagaimana kota Adipura tersebut dengan penerapan manajemen yang sudah dirancang. Rumusan ilmiah visi-misi mempertimbangkan perubahan lingkungan strategis yang terjadi.
Diproyeksikan dalam visi tentu mencermati perkembangan dinamika politik dan perekonomian yang terjadi baik secara global maupun nasional, menuntut perlu penentuan arah dan identitas masa depan daerah, menetapkan langkah-langkah dalam mewujudkan harapan dan keinginan yang dicapai.
Untuk mewujudkan harapan dan keinginan yang didambakan di masa depan, sehingga memiliki pilihan yang ingin dicapai perlu dirumuskan visi kota Pematangsiantar. Konsep kota IDAMAN dalam pengertian visi ini adalah komitmen politis mewujudkan kota “sejahtera”. Yang dimaksud kota “sejahtera” terbinanya hubungan yang harmonis dan bersinergi antara pemangku kepentingan, terciptanya dukungan masyarakat seluas-luasnya terhadp pembangunan daerah dan kota Pematangsiantar menjadi kota pusat perdagangan dan jasa.
RE Siahaan pun menjabarkan ilmiah berkaitan misi. Misi menurut jebolan IPB Bogor itu merupakan implementasi visi dalam kaitan pembangunan kota Pematangsiantar, disusun sebagai berikut; pertama menyelenggarakan pembangunan ekonomi yang adil, berimbang dan merata melalui pendayagunaan potensi daerah secara mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan.
Lalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat agar memiliki kecerdasan majemuk yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Maksudnya, Pemko Pematangsiantar menyelenggarakan dan memfasilitasi terwujudnya peningkatan SDM dan masyarakat baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.
Lantas dia lebih kohesif menorehkan dalam misi soal meningkatkan pembangunan dan mengelola infrastruktur/sarana dan prasarana daerah untuk mendukung pembangunan di segala bidang dan memfasilitasi kegiatan masyarakat.
RE Siahaan mengurai detail visi-misi lalu dibungkus dalam kemasan strategi dan kebijakan pembangunan daerah kota Pematangsiantar. Strategi pembangunan dijabar secara rinci dengan aspek kajian matang, terarah dan terukur sampai dirajut ke arah ruang kebijakan umum.
Materi komprehensif visi-misi dikemas secara ilmiah, dapat membangunkan semangat ingin tahu, apa dan bagaimana profil kota Pematangsiantar lima tahun ke depan, andaikata pasangan Ir RE Siahaan/H Burhan Saragih SH dipercayai masyarakat dengan memenangkan Pemilukada 9 Juni 2010 mendatang. RE Siahaan selaku putra daerah pantas dipilih kembali, melanjutkan program yang sudah diproyeksikannya lima tahun silam. Maka tak salah slogan yel-yel menyahuti kedatangannya tatkala mendaftar di KPUD dengan julukan; “Lanjutkan”. Julukan ini menggema berulang-ulang, memecah kesunyian kota Adipura menyambut pasangan RE/Bang Haji mendaftarkan diri di KPUD. (S2/S7/q)


Ribuan Pendukung Pro Akat Didampingi Rohaniawan Daftarkan Pasangan Balon Jalur Perseorangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik ke KPUD P Siantar

Posted in Berita Utama by Redaksi on Maret 3rd, 2010
Pasangan(SIB)
Pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Pematangsiantar Barkat Shah-Ir Boundeth Damanik saat menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima Ketua KPUD Rajaingat Saragih, Selasa (2/2).(Foto SIB/Bambang J Sitanggang)
Pematangsiantar (SIB)
Ribuan pendukung mengatasnamakan “Pro Akat” hantarkan calon walikota/wakil walikota P Siantar periode 2010-2015 dari jalur perseorangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik ke KPUD P Siantar, Selasa (2/3) tepat pada pukul 15.00 WIB.
Pasangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik yang mendaftar H-1 hari penutupan pendaftaran bakal calon (balon) walikota/wakil walikota P Siantar sangat menarik dibandingkan dengan para balon lainnya yang sudah mendaftarkan diri ke KPUD yakni pasangan ini didampingi para rohaniawan Islam di antaranya KH Hasan Basri Siregar, Drs Rustam, H Ngadisena, H Alimuddin Simamora dan Drs Darwin. Dari rohaniawan Kristen tampak hadir Pdt Hotmianson Sinaga STh, Pdt T Smanjuntak dan Pdt Sinaga, ribuan pendukung yang berdomisili di P Siantar.
Sebelum mendaftarkan diri, pasangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik ziarah ke makam Raja Sangnawaluh Damanik di Kelurahan Pamatang P Siantar dengan tujuan sebagai generasi yang bercita-cita jadi pemimpin harus menghargai para pahlawan, di antaranya Raja Sangnawaluh yang berani menentang penjajahan Belanda untuk mempertahankan NKRI yang kita cintai ini.
Selanjutnya, tanpa orang-orang pejuang seperti Raja Sangnawaluh Damanik kita tidak akan dapat hidup dan berdiri seperti saat ini, khususnya di P Siantar yang kita cintai ini Raja Sangnawaluh Damanik “si pukka huta” tidak dapat dipungkiri bahwa beliau adalah orang yang turut serta berjuang melawan penjajah dan harus kita hargai, ujar Barkat Shah yang dikenal dengan nama Akat itu.
Usai ziarah ke makam Raja Sangnawaluh, pasangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik menuju kantor KPUD di Jalan Porsea langsung disambut Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH didampingi Mangatasi Tua Purba, Batara Manurung, Amril Zein, Ir Dilan dan mempersilahkan pasangan tersebut memasuki ruangan pendaftaran balon walikota/wakil walikota diikuti massa pendukung dan sebagian menunggu di luar kantor KPUD P Siantar.
Selanjutnya, Barkat Shah didampingi Ir Boundeth Damanik menyerahkan berkas-berkas persyaratan administrasi balon yang diterima oleh Rajaingat Saragih. Para anggota KPUD tersebut melakukan pengecekan syarat administrasi pendaftaran yang hampir berlangsung sekitar 20 menit. Setelah itu, persyaratan seperti sudah lengkap, Ketua KPUD Rajaingat Saragih mempersilahkan kepada pasangan menandatangani berita acara tanda terima berkas pendaftaran.
Ketua KPUD Rajaingat Saragih mengatakan kepada pasangan balon bahwa mulai 3 Maret kepada pasangan calon sudah bisa melakukan chek-up kesehatan di RSU dr Djasamen Saragih P Siantar, 4-10 Maret KPUD akan melakukan pengecekan dan penelitian berkas pasangan calon, 11-7 Maret diberikan kesempatan kepada pasangan balon untuk melengkapi berkas, 8-9 April penetapan calon walikota/wakil walikota, ujarnya.
Usai melakukan pendaftaran, KH Hasan Basri Siregar langsung mengumumkan kepada massa pendukung Pro Akat agar setelah meninggalkan kantor KPUD diminta massa tidak lagi melakukan konvoi atau arak-arakan demi untuk kelancaran arus lalulintas dan diharapkan pulang dengan tertib dan damai. Karena kita harus dapat menunjukkan sikap yang santun dan sopan kepada masyarakat kota P Siantar, ujarnya.
Suasana pendaftaran pasangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik semakin meriah diiringi ratusan sepeda motor roda dua, arak-arakan mobil roda empat dan beberapa pendukung memakai blankon, dan jaket serta kaos bertuliskan “Relawan Pro Akat. Kedua pasangan masing-masing didampingi istri. (S5/BS/BP/m)

Senin, 01 Maret 2010


Pasangan Calon Walikota/Wakil Walkota Pematang Siantar 2010-2015 Ir Mahrum Sipayung MS & Evra Sassky... Damanik S.Sos (MARSADA) Senin 1 Maret 2010 sd Jalan Laguboti Kampung Kristen Pematang Siantar dideklarasikan dan sekaligus mendaftar KPU Pematang Siantar dihadairi ribuan orang. Horas, Selamat berjuang....!


Pasangan Ir Mahrum Sipayung MS/ Epra Sasky Damanik S Sos Mendaftar Menjadi Balon Walikota/Wakil Walikota Siantar Tahun 2010–2015

Deklarasi(SIB)
DEKLARASI PASANGAN: Sebelum berangkat mendaftar ke KPUD Kota Siantar, Ir Mahrum Sipayung MS/ Epra Sasky Damanik S Sos deklarasi pasangan “ Marsada “ ( Mahrum – Epra Damanik ) berjabat tangan didampingi Ketua PDIP Lingga Napitupulu, Ketua PPD Frengky Saragih dan Ketua PPPI Sonherbin Simangunsong, Senin ( 1/ 3 ). ( Foto : SIB/ Hasudungan Siahaan )
Pematangsiantar (SIB)
Usai deklarasi menjelang mendaftar ke KPUD Kota Siantar, pasangan Balon Walikota/ Wakil Walikota Ir Mahrum Sipayung MS – Epra Sasky Damanik SSos, Senin ( 1/ 3 ) ajak warga “ marsada “ ( bersatu – red ) memperbaiki pembangunan kota Siantar untuk kesejahteraan rakyat ke arah lebih baik.
Pasangan Balon Walikota/ Wakil Walikota yang diusung tiga partai politik ini yaitu PDIP, PPD dan PPPI ini mendeklarasikan diri dengan nama “ Marsada “ (Mahrum Sipayung – Epra Sasky Damanik).
Di hadapan ribuan massa terdiri dari simpatisan, kader partai dan tokoh masyarakat, Ir Mahrum Sipayung menyampaikan sekilas program kerja yang akan dilaksanakan memperbaiki pembangunan Kota Siantar yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan rakyat ke arah yang lebih baik.
Sebelumnya, unsur pimpinan tiga partai politik masing – masing dari PDIP yaitu Lingga Napitupulu (Ketua), Ronsen Purba (Sekretaris) dari PPD yaitu Frengky Saragih (Ketua), Aswin Amri (Sekretaris) dan dari PPPI yaitu Sonherbin Simangunsong (Ketua), Sari Saniman (Sekretaris) menandatangani kesepakatan untuk mengusung pasangan balon itu mendaftar ke KPUD.
Lingga Napitupulu dalam sambutannya cukup membanggakan pasangan “ Marsada “ maju menjadi Balon Walikota/ Wakil Walikota Siantar periode 2010 – 2015. Alasannya, Siantar membutuhkan pemimpin yang pintar, luwes dan peduli tentang kehidupan masyarakat.
Sosok Ir Mahrum Sipayung MS dengan latar belakang birokrat tulen memiliki dedikasi baik dan loyalitas tinggi, terakhir dikenal sebagai Sekdakab Simalungun dikatakan sangat diperlukan memperbaiki pembangunan Kota Siantar di masa mendatang.
Salah satu indikator penilaian disampaikan yaitu selama menduduki jabatannya, Ir Mahrum Sipayung MS mampu bekerjasama dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) memberikan pelayanan publik sehingga Kabupaten Simalungun salah satu daerah memperoleh penghargaan dalam bidang pengelolaan keuangan terbaik di Indonesia.
Selama beberapa tahun terakhir, kepemimpinan Kota Siantar terkesan kurang baik bahkan pembahasan APBD Kota Siantar dikatakan tidak tersentuh pembahasan DPRD tandasnya.
Karenanya, dalam perbaikan pelayanan publik serta membangkitkan rasa kebersamaan dalam membangun perekonomian rakyat, menciptakan suasana kondusif memberikan kenyamanan bekerja dan berusaha di Kota Siantar, Lingga Napitupulu mengajak seluruh masyarakat “ marsada “ memilih pasangan “ Marsada “.
Usai pendeklarasian, pasangan “ Marsada “ bersama kader partai pendukung dan para simpatisan di antaranya rombongan massa berpakaian adat menggambarkan keberagaman etnis Kota Siantar berangkat dari kediaman Ir Mahrum Sipayung menuju kantor KPUD.
Sementara, Ketua KPUD Raja Ingot Saragih saat menerima pendaftaran mengatakan pasangan “ Marsada “ telah memenuhi persyaratan menjadi Balon Walikota/ Wakil Walikota. Namun, apabila ada kelengkapan administrasi yang dibutuhkan maka KPUD akan menyurati pasangan balon. (S4)



Diriingi Barongsai, Group Marhaban dan Becak Khas Siantar, Ratusan Pendukung Antarkan Pasangan RODA Mendaftar ke KPUD P Siantar

Diantarkan(SIB)
DIANTARKAN RATUSAN MASSA: Pasangan RODA dengan memakai warna serba putih diantarkan ratusan massa pendukung mendaftar ke KPUD P Siantar, Senin (1/3). (Foto SIB/Gulson Purba)
Pematangsiantar (SIB)
Ratusan orang dan diiringi barongsai, group marhaban dan beberapa pemuda-pemudi memakai pakaian adat dari beberapa suku yang ada di P Siantar antarkan pasangan bakal calon (balon) walikota/ wakil walikota Herowhin TF Sinaga AP MSi/Hj Frida Riani Damanik (RODA) mendaftar ke KPUD P Siantar, Senin (1/3).
Sebelum memasuki kantor KPUD, pasangan RODA yang mengambil motto “Siantar Bersatu” itu berangkat dari RODA Center di Jalan Handayani P Siantar menuju Lapangan H Adam Malik. Lalu berjalan kaki menuju Kantor KPUD diiringi barongsai, group marhaban, becak khas P Siantar dan ratusan pendukung RODA dari PAN, PDS, PPI dan beberapa elemen masyarakat.
Sampai di kantor KPUD disambut Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH dan dipersilahkan memasuki ruangan tempat pendaftaran. Selama pemeriksaan administrasi pendaftaran hampir memakan waktu lebih kurang 1,5 jam. Waktu yang begitu lama tersebut diakibatkan adanya kesalahan tehnis penandatanganan adminsitrasi pengajuan balon oleh PAN yang sebelumnya ditandatangani oleh Plh Sekretaris DPD PAN P Siantar Darmawangsa SE diganti oleh Sekretaris Ir Wandi M Koto.
Usai perbaikan penandatanganan khusus dari DPD PAN P Siantar, Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH mengumumkan bahwa pasangan RODA diusulkan oleh 3 gabungan partai politik yakni PAN, PDS dan PPI. Berdasarkan pengajuan dari 3 parpol ini, selanjutya KPUD akan melakukan klarifikasi terhadap adminsitrasi balon dan khusus untuk dukungan parpol akan diklarifikasi kepada parpol sesuai tingkatannya dan juga kepada instansi pemerintah lainnya.
Setelah persyaratan administrasi pengajuan calon diperiksa, lalu dilakukan penadatanganan dan pemerimaan berita acara penerimaan berkas oleh Herowhin TF Sinaga AP MSi dan Hj Frida Riani Damanik. Selanjutnya, kedua pasangan ini menghampiri ratusan massa yang tetap menunggu di depan Kantor KPUD P Siantar untuk mendengar tembang lagu yang dibawakan oleh group marhaban mengelu-elukan yel-yel perjuangan RODA.
Turut hadir mengantarkan pasangan RODA Ketua dan Sekretaris DPD PAN P Siantar H Drs H Imal Raya Harahap dan Ir Wandi M Koto. Ketua dan Sekretaris DPC PDS P Siantar Otto M Sidabutar dan Kiris R Sinaga. Ketua DPC PPI P Siantar Samhadi Purba dan Yaser Harahap dan ratusan kader dari ketiga partai politik pendukung tersebut. Tampak juga Vera Silva Fransiska Br Silalahi dan St Sinaga (istri dan orangtua Herowhin Sinaga).
Sementara Herowhin Sinaga didampingi Hj Frida Damanik kepada SIB mengatakan paling tidak ada 3 hal yang penting disamping program pembangunan yang telah disusun dan visi dan misi yag memdapat prioritas untuk dilaksanakan yakni memberikan asuransi kesehatan kepada siswa SD, SLTP dan SLTA, memberikan perumahan murah kepada mayarakat dan menjadikan kota P Siantar menjadi kota tujuan yang besar di Sumut.
Konsep “SIANTAR BERSATU” (Bersih, Sakral dan Tujuan) merupakan konsep pembangunan yang harus diterapkan demi perubahan di daerah ini. Setelah melihat kota ini dimana semua masyarakat sudah bingung dan apatis terhadap pembangunan dan pemerintahannya, maka kami datang untuk membawa kesejukan dan bekerja dengan serius dalam pemerintahan untuk membawa perubahan yang lebik baik kelak di masa yang akan datang, tegas Herowhin Sinaga.
Setelah meninggalkan Kantor KPUD dengan aman dan damai, ratusan massa pendukung kembali berjalan kaki bersama pasangan RODA menuju Lapangan H Adam Malik P Siantar. Kehadiran pasangan RODA berjalan kaki mendapat perhatian dari seluruh masyarakat, bahwa tampaknya pasangan RODA salah satu pasangan yang berpeluang dapat memenangkan Pilkada pada bulan Mei 2010 yang akan datang. (S5)

Minggu, 21 Februari 2010


Barkat Shah/Ir Bondeth Damanik Memenuhi Syarat Verifikasi Menjadi Balon Walikota Pematangsiantar

Pematangsiantar (SIB)
Setelah melalui verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS dan PPK se Kota Pematangsiantar selama satu bulan sejak pene-rimaan berkas dukungan, hanya dua pasang calon per-seorangan yang memenuhi syarat dukungan minimal untuk maju sebagai Bakal Calon (balon) Walikota pada Pilkada Juni mendatang. Penetapan tersebut dilakukan pada rapat pleno KPU (Komisi Pemilihan Umum) yang digelar, Rabu (17/2) di Kantor KPU Kota Pematangsiantar Jalan Porsea.
Demikian dikatakan Ketua KPU Pematangsiantar Rajaingat Saragih SH melalui anggota KPU Ir Dilan Karno, Kamis (18/2) terkait hasil pleno atas penyerahan hasil verifikasi faktual dukungan bagi calon perseorangan yang dila-kukan oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Kedua pasangan perseorangan yang memenuhi syarat minimal yang ditentukan adalah Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik SH dan pasangan Dr Ria Novida Telaumbanua/Drs Suri-yatno.
Dikatakan Dilan Karno, berdasarkan peraturan dan perundang-undangan Balon Perseorangan yang akan maju sebagai Calon Kepala Daerah Kota Pematangsiantar harus memiliki dukungan minimal sebanyak 14.356 dibuktikan dengan lampiran KTP dan pernyataan. Setelah melalui verifikasi faktual yang melibatkan PPS dan PPK hanya dua pasang yang dukungannya memenuhi syarat karena melebihi angka dukungan minimal.
Berdasarkan hasil verifikasi tersebut pasangan Barkat Shah/Ir Boundeth Damanik memenuhi syarat karena memiliki dukungan sebanyak 19012 berkas dari dukungan awal sebanyak 26.985 berkas, disusul pasangan Dr Ria N Telaumbanua/Drs Suriyatno dari 19.914 dukungan awal setelah diverifikasi masih memenuhi syarat sebanyak 15.134 duku-ngan.
Selanjutnya pasangan Dr Margan Sibarani MKEs/ Dra Rupina Aruan dukungannya tinggal 14227 dari jumlah dukungan awal 20.179 berkas, kemudian Frans Imanuel Saragih/Dra Roqiba Hasibuan menyisakan dukungan 14.095 dari dukungan awal 19.852 berkas. Pasangan Prof Dr Poltak Sinaga Msi/Drs Jalil Saragih dukungan yang me-menuhi syarat hanya 11.869 dari dukungan awal sebanyak 17.740 berkas.
Selanjutnya pasangan Ir H M Alipia Lubis/ Ir Firman Pasaribu dukungan yang memenuhi syarat hanya 6124 dukungan dari dukungan awal sebanyak 15.048 berkas, pasangan Syahrizal SE/ dr Petrus Yusuf menyisakan dukungan sebanyak 3841 berkas dari dukungan awal 14.487 berkas dan terakhir pasangan Kusdianto SH/Sorry Ria Tarigan hanya menyisakan 3554 berkas dari dukungan awal yang diajukan sebanyak 14462 berkas.
Bagi pasangan dari jalur perseorangan masih diberi kesempatan untuk melengkapi berkas dukungan hingga akhir Maret mendatang untuk diveri-fikasi tahap kedua dengan syarat harus melampirkan dukungan sebanyak dua kali lipat dari kekurangan syarat minimal yaitu 14356 berkas. Selanjutnya sesuai tahapan KPU sejak hari ini (kamis 18/2) sudah membuka pengam-bilan formulir pendaftaran bagi seluruh pasangan baik dari jalur perseorangan maupun dari Partai Politik dimulai sejak 18 Februari hingga 3 Maret sebagai rangkaian dari tahapan Pilkada Pematang siantar, tutup Dilan.(S21/S9)

Jumat, 19 Februari 2010


Incumbent Berpeluang Menang Cetak E-mail
Jumat, 19 Pebruari 2010

(f/metro/edi)
FORMULIR: Sekretaris PKB Siantar Hazari Hasibuan saat mengambil formulir pendaftaran Balon wali kota di KPUD atas nama M Heriza Syahputra SH, Kamis (18/2). Hari pertama pembukaan pengambilan formulir pendaftaran, dua Balon telah mengambil formulir.
Sejumlah kalangan memprediksi, pada Pemilukada 2010, incumbent akan memeroleh beberapa keuntungan dalam hal perolehan suara. Salah satunya, incumbent diuntungkan dengan keberadaan belasan ribu PNS Pemkab Simalungun, yang tersebar di 31 kecamatan.
Alendra, mahasiswa jurusan ilmu politik pada salah satu perguruan tinggi di Kota Medan, saat ditemui di kompleks perkantoran SKPD Pematangraya, Kamis (18/2) mengatakan, dengan jabatannya sebagai kepala pemerintah, incumbent lebih berpeluang meraup dukungan dari kalangan pegawai, dibanding calon lainnya.
"Dengan posisinya itu, incumbent tentunya mampu memberikan sejumlah kemudahan, bahkan fasilitas kepada kalangan pegawai. Nah, ini lah yang kemudian memotivasi para pegawai agar tetap mendukung incumbent untuk masa jabatan kedua kalinya, dengan harapan berbagai kemudahan khususnya dalam urusan dinas dapat diperoleh," kata Alendra, diamini rekannya, Natasha Siahaan dan Nur Amin.
Dijelaskan Alendra, besarnya peluang incumbent untuk memenangkan Pemilukada tidak terlepas dari keuntungan yang didapat oleh kepala daerah, baik keuntungan langsung maupun tidak langsung. Keuntungan langsung yang didapat kepala daerah yang tengah menjabat adalah dalam bentuk popularitas.
"Seorang kepala daerah (incumbent, Red) mungkin adalah orang yang paling dikenal oleh para pemilih. Selain itu, tinggi rendahnya mobilitas seorang incumbent melakukan kunjungan ke daerah-daerah juga merupakan salah satu keuntungan yang secara tidak langsung diperoleh oleh incumbent," kata Natasha menimpali, sembari mengatakan ia dan rekan-rekannya berada di Simalungun untuk melakukan riset tentang perpolitikan menjelang Pemilukada, sebagai bahan tugas akhir kuliah mereka.
Sedangkan Nur Amin berpendapat, faktor penentu kemenangan seorang incumbent pada Pemilukada adalah kemampuannya dalam memanage program pembangunan daerah yang dipimpinnya, minimal menjelang pelaksanaan Pemilukada. Atau dengan kata lain, kemampuan incumbent dalam memainkan ekonomi politik, yang ditunjukkan dengan pembangunan yang dilakukan oleh incumbent dengan program kerjanya.
"Saya tidak tahu apakah ini baru terjadi akhir-akhir ini atau memang sejak dahulu. incumbent di Simalungun sangat berpeluang untuk menang lagi. Karena, sejumlah program kerja pemerintah daerah ini umumnya ditujukan untuk dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat umum. Dan ini, tentu saja berdampak pada pencitraan positif yang bersangkutan, yang menguntungkan dalam usaha mendulang dukungan," paparnya.
Terpisah, A br Saragih, dan K br Aritonang, dua orang kepala SD yang ditemui di pelataran kantor Dinas Pendidikan Simalungun kemarin menyatakan, akan kembali mendukung incumbent dalam Pemilukada mendatang.
Menurut mereka, selama kepemimpinannya, banyak kemajuan yang dirasakan secara langsung oleh mereka, yang tidak mereka peroleh pada masa kepemimpinan bupati terdahulu. Salah satunya adalah kemudahan dalam hal pengurusan-pengurusan administrasi kedinasan.
"Dibandingkan dulu, sekarang jauh lebih enak lah pokoknya. Sekarang, mau ada urusan di dinas, nggak rumit seperti dulu lagi. Selain itu, kalau di daerah kita ada kegiatan, beliau (Bupati, Red) diundang, beliau pasti datang, kalau memang waktunya memungkinkan," ujar br Aritonang dengan logat Batak yang kental. (ing)

IR RE SIAHAAN

Ir. RE Siahaan

Ir. RE Siahaan adalah walikota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia, berpasangan dengan Drs Imal Raya Harahap sebagai wakil walikota. Ia menjabat walikota sejak tanggal 25 Agustus 2005. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Simalungun.RE Siahaan
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Ir. Robert Edison Siahaan
Tempat Lahir/Tgl. Lahir : Balige, 29 April 1959
Agama : Kristen Protestan
Alamat : Jl. Sutomo No 10 Pematang Siantar – Sumatera Utara
DATA KELUARGA
Istri : Elfrida Dorowaty Hutapea (Sibolga, 7 Desember 1961)
Anak :
Fernando S.M. Siahaan (P.Siantar, 9 Maret 1984)
Sylvia M.E. Siahaan (P.Siantar, 28 April 1987)
Endang Sartika Siahaan (P.Siantar, 6 Oktober 1994)
Eric Julio Siahaan (P.Siantar, 13 Juli 1996)
PENDIDIKAN
Sekolah Dasar : SD Negeri 12 P. Siantar (1971)
Sekolah Menengah Umum : SMP Negeri 1 P. Siantar (1974)
Sekolah Menengah Atas :
SMA Negeri 2 P. Siantar (1977)
S1 Institut Pertanian Bogor (1982)
KARIR
1983 – 1987 Kepala Unit Pelaksana Proyek (UPP) PKKR Dolok Batu Nanggar Simalungun
1984 – 1987 Kepala Cabang VI Dinas Perkebunan Propinsi Dati I Sumatera Utara di Siborong-borong
1994 – 1995 Kepala Cabang V Dinas Perkebunan Propinsi Dati I Sumatera Utara di Sidikalang
1995 – 2001 Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Simalungun
2001 – 2005 Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Simalungun
2005 – sekarang WALIKOTA PEMATANG SIANTAR
TANDA JASA / PENGHARGAAN
2005 : SATYALANCANA KARYA SATYA 20 TAHUN, Oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono
PENGALAMAN ORGANISASI
2006 – 2011 : Ketua DPC. Partai Demokrat Kota Pematang Siantar
PENGALAMAN LUAR NEGERI
April, 2007 : Bangladesh – Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia (Indonesia Night 2007)
http://www.resiahaan.info/?p=107

Minggu, 17 Januari 2010


BREAKING NEWS


Inilah Kandidat
Walikota/wakil Walikota Pematang Siantar 2010-2015    
          info boleh ditambah/edit      hub  : ulamatuah_ saragih@yahoo.com                                             hp 081361707763

IR ROBERT EDISON SIAHAAN
       Sebagai Walikota Incumbent wajar saja kalau Ir RE Siahaan berobsesi  berkuasa untuk dua periode. Alasannya pun tentu klasik, ingin melanjutkan pembangunan Kota Pematang Siantar lima tahun lagi, tentu untuk mensejahterakan masyarakat. Ir RE Siahaan memang sudah banyak berbuat untuk kota Pematang Siantar walaupun hujatan, makian dan protes dari sekelompok anggota masyarakat terus bergulir selama kepemimpinannnya hampir lima tahun, bahkan kurang akur dengan DPRD periode lalu. Tentu ada juga yang mendukung bahkan memuji, biasalah di negara demokrasi.
      Secara politis, keinginan Ir RE Siahaan untuk maju lagi juga sangat kuat. Hal ini paling tidak karena  Partai Demokrat yang dipimpinnnya   menjadi pemenang dalam PemiluLegislatif dan Pilpres tahun 2009. Hasil ini pun tergambar di kursi DPRD P Siantar yang berhasil meraih 6 kursi  (terbanyak) dari 30 kursi serta berhasil mengantarkan kader terbaiknya Maruli Hutapea SE menjadi Ketua DPRD Pematang Siantar Periode 2009-2014.Atas prestasi kemanangan itu lumrah saja Ir RE Siahaan menjadi prioritas untuk “memakai kapal” Partai Demokrat menjadi Calon Walikota Pematang Siantar 2010-2015. Seperti dituturkan seorang kader partai itu, kalau RE Siahaan tidak dicalonkan partai Demokrat berarti ia “dizolimi” oleh orang lain. Soalnya, dia itu ketua partai pemenang pemilu, tentu tak logis kalau mencalonkan orang lain. Soal ada persoalan lain itu urusan nanti. Begitupun sebagaimana fenomena di negeri ini, maka siapa calon partai Demokrat sepertinya ditentukan dari atas alias DPP-nya. Berhasilkan RE meyakinkan  induk partainya, wait and see...
      Bualan di Kedai Kopi Kok Tong juga terdengar, sebenaranya RE Siahaan pasti maju pakai atau tanpa partai demokrat. Sejumlah partai gurem juga disebut-sebut sudak siap berkoalisi untuk mendukung dan mencalonkan RE Siahaan. “ Memang RE masih yang terkuat “., ujar seorang rekan di Kedai Kopi Kok Tong Jalan Cipto kota ini, dan ditambahkannya, jangan-jangan semua kapal diborongnya.
      Lantas siapa pendamping RE Siahaan ?
       Disaat banyakmya orang meragukan RE Siahaan tidak akan ada pendukungnya atau "kapal"nya untuk mencalonkan sebagai walikota, tampaknya itu adalah penilaian yang sesaat dan tidak memperhitungkan kepiawaian orang nomor satu sekarang di Kota P Siantar itu. Menurut salah satu keluarga dekat dan sahabatnya, bahwa dipastikan Partai Demokrat masih mempercayakan RE Siahaan menjadi perahunya. Siapa nggk menyangka partai berlambang tiga berlian itu tetap menganggap RE Siahaan masih dicintai rakyatnya.
       Kalau kita jujur dan objektif menilai kepemimpinan RE Siahaan selama kurun waktu 4 tahun lebih itu, secara siqnifikan program pembangunan meningkat diantaranya pengaspalan hotmix di setiap penghubung antar kelurahan-kecamatan, pembukaan jalan alternatif, ronovasi pusat pasar horas, perbaikan infra struktur gedung sekolah, memperhatikan hak-hak guru, seperti pemberian THR, pakaian batik kepada semua PNS, kesejahteraan guru, uang lauk pauk dan masih banyak lagi hal-hal yang menyangkut keperluan para guru dan PNS di Pemko P Siantar itu.
       Lalu, banyak juga elemen yang menuduh bahwa RE Siahaan melakukan koruosi .... kita menganut azas praduga tak bersalah. Artinya, sepanjang belum memasuki ranah hukum kita tak satupun boleh memvonis, menghujat seolah-olah RE Siahan telah melakukan korupsi. Kalau masalah korupsi itu adalah tugas aparat hukum. Sekarang kita harus melihat apa yang sudah dilakukan di kota "Sapanganbei Manottok Hitei" itu.
       Ginjang-ganjing memanasnya pertikaian RE Siahaan dengan para wakil rakyat periode 2005-2009 kita haraus lihat secara jernih, siapa sebenarnya yang memulai pertikaian itu. Apakah para wakil rakyat masa periode yang lalu itu juga sudah dianggap benar. Walau kita mempunyai hak untuk menilai, tetapi kita lakukanlah dengan cara seimbang. tetapi untuk apa ambil pusing terhadap perilaku yang seolah-olah sudah memperjuangkan hak-hak rakyat para wakil rakyat itu, tetapi mari kita lihat apa yang sudah dikerjakan hari ini.
        Kita sekarang dihadapkan untuk memilih kembali pemimpin di Kota P Siantar itu pada tanggal 9 Juni 2010. Sebagai gambaran umum dan isu yang merebak bahwa RE Siahaan yang kini masih menjabat Ketua DPC Partai Demokrat P Siantar itu tetap mempercayakan RE Siahaan sebagai figur yang masih layak divalonkan oleh PD sebagai balon walikota. hasilnya tinggal beberapa hari lagi kita akan ketahui apakah DPP PD di jakarta sudah memberikan rekomendasi untuk RE Siahaan.
        Kalau PD masih tetap percaya kepada RE Siahaan maka analisis politik dan hasil Pilkada nanti sudah dapat kita pastikan siapa pemenangnya. tetapi ini bukan mengangap calon yang lain tidak bisa mengimbangi kepopuleran RE Siahaan menjadi orang nomor satu di P Siantar itu. Sekarang beliau (RE Siahaan-red) punya perangkat, struktur yang sangat kuat dan rapi, ditambah "amunisi" yang masih kuat ditambah mesin partai yang akan bekerja secara maksimal. Lihatnya ketenangan dan sikap low frofile RE Siahaan yang tetap senyum dan tabah setiap serangan yang diarahkan kepada dia. Itu semua dihadapi secara tenang dan tidak melakukan apapun terhadap orang yang menuduh dan memvonis dirinya. (GP)

       


IR MAHRUM SIPAYUNG MSI

Ir Mahrum Sipayung MS, kini sedang menjabat Sekda Kabupaten Simalungun. Kabarnya alumni USU ini sudah direstui Bupati Simalungun Drs Zulkarnain Damanik MM untuk ikut bertarung dalam perebutan kursi Walikota Pematang Siantar. Bahkan dalam waktu dekat Mahrum sudah siap mundur dari jabatannya sebagai Sekda Kabupaten Simalungun.

Anak kelahiran Bage, pinggiran Danau Toba Kabupaten Simalungun ini beberapa waktu lalu sudah mendaftar dari PDIP Kota Pematang Siantar..
Mantan Kadis perkebenunan dan Kadis Kehutanan Simalungun ini juga hari-hari ini semakin serius untuk melakukan “sosialisasi” kepada masyarakat di seluruh penjuru kota. Ketua Alumuni IKA USU Siantar Simalungun ini mungkin juga merasa punya dukungan ribuan pegawai Pemka bSimalungun yang bermukim di Kota Pematang Siantar. Dukungan itu seperti dikemukakan oleh Bupati Simalungun Drs Zulkarnain Damanik MM dan Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon SPd dalam suatu acara di rumah Ir Mahrum Sipayung Kampung Kristen Pematang Siantar, Jumat (15/1) lalu.


 16 Januari 2010


PASANGAN CALON WALIKOTA PEMATANG SIANTAR BARKAT SYAH-IR BONDETH DAMANIK MENDAFTAR KE KPU

Pasangan Calon Walikota Pematang Siantar 2010-2015 Barkat Syah (Akat) dan Ir Bondeth Damanik, Sabtu siang(16/1) mendaftar ke KPU Pematang Siantar. Pasangan yang diantar sejumlah pendukung ini diterima Ketua KPU Pematang Siantar Raja Ingat Saragih SH didampingi anggota KPU Batara Manurung dan Mangasi Purba SH.
Barkatsya...h maju mendaftar jadi calon dari jalur independependent (perseorangan); yang didukung oleh 26.777 orang dari seluruh kecamatan di Kota Pematang Siantar. Dukungan terbanyak dari Kecamatan Siantar Martoba, lebih dari 6 ribu orang. Jumlah dukungan yang diperoleh Barkat Syah telah melebihi persyaratan minimum yaitu 14.000 lebih. Jika saja para pendukung ini konsisten untuk menjadi pemilih pada Pemuilu Kada mendatang , maka besar kemungkinan pasangan Barkatr Syah akan menjadi pemenang dalam pertarungan ini. Para pendukung Barkat Syah Sabtu siang terlihat cukup semangat untuk mengantar calon unggulan mereka ini, di antaranya hadir sejumlah tokoh di antaranya Pdt Hot Imanson Sinaga STh, Sarbudin Panjaitan SH, MH, Muhtar Tarigan, Reagen Rajagukguk MA, Sunardinsyah (Mentan Ketua PWI Siantar-Simalungun), daan lain-lain.Bravo........!.



  
  
Dr. Margan RP Sibarani Mkes
         Dr. Margan RP Sibarani Mkes mendaftar menjadi Calon Walikota Pematang Siantar 2010-2015  lewat jalur perseorangan independen. Ketika mendaftar ke KPU Pematang Siantar Jumat (15/1) mengaku sudah mendapat dukungan dukungan sebanyak 20.179 warga Pematang Siantar. Dr Margan RP Sibarani Mkes yang mantan Direktur RSU Tarutung itu sepertinya pertcaya diri berpaket dengan mengandalkan suara  Kristen dengan memilih wakilnya Dra Rupina Aruan. Dengan slogan “ Pematang Siantar Jadilah Terang “.


DR RIA TELAMBANUA

      Satu-sataunya wanita yang menjadi calon walikota Pematang Siantar 2010-2015 adalah Dr Ria Novida Telambanua, yaqng berpasangan dengan Drs Suryatno. Mantan Direktur RSU Umum Dr Djasamen Saragih ini mendaftar lewat jalur perseorangan yang mengaku didukung 20.200 orang. Beberapa bulan lalu, Kota Pematng Siantar sempat ramai terkait dengan “gerakan” dr Ria yang seperti “melawan” kepada walikota Ir RE Siahaan. Kabarnya dia menentang berbagai kebijakan walikota yang dirasanya tidak sesuai dengan aturan; dan akhirnya dia diberhentikam walikota, setelah sebelumnya menyatakan mundur dari jabatannnya.
     “ Jika saja semua wanita di kota Siantar memilih wanita jadi walikota , maka dr Ria akan menjadi pemenang dalam pertarungan merebut kursi walikota “, kata D.U.Rhyhney Purba, seorang guru di Pematang Siantar


HULMAN SITORUS SE
Hulman Sitorus(SIB)

Hulman Sitorus SE Hampir Dipastikan Masuk Bursa Calon Walikota P Siantar Periode 2010-2015

Posted in Berita Utama by Redaksi on Februari 6th, 2010

Pematangsiantar (SIB)
Hulman Sitorus SE hampir dipastikan masuk dalam bursa calon walikota Pematangsiantar periode 2010-2015. Lima partai berkoalisi (PPIB, PPRN, PPD, Partai Buruh dan Partai Patriot) sebagai perahunya akan mengusung tokoh muda ini, Hulman Sitorus SE diyakini mampu bertarung dalam Pemilukada yang dijadualkan KPUD setempat tanggal 9 Juni 2010.
Masuknya nama Hulman Sitorus yang seharinya anggota DPRD Pematangsiantar ke bursa pencalonan sebagimana dipantau wartawan SIB, Rabu (3/2) menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Karena Politisi muda dari PPI (Partai Pemuda Indonesia) dinilai mampu berkiprah untuk bertarung merebut kursi nomor satu di kota Adipura tersebut.
Hulman Sitorus SE dicoba dihubungi dengan nada diplomatis menjawab; “Mudah-mudahan Tuhan meridhoi dan memberkatinya,” kilahnya. Ditanya soal kepastian koalisi partai sebagai perahu mengusungnya ke bursa pencalonan, Sitorus tidak mau sesumbar. Akan tetapi melalui deal-deal politik, lima partai yang mempunyai kursi di DPRD Pematangsiantar sudah merespons positif.
Finalisasi penyelesaian administrasi sebagai pengikat MoU (kesepakatan) dari lima partai meliputi Partai PIB, PPRN, PPD, Partai Patriot dan Partai Buruh menurut informasi dikumpulkan SIB tidak ada lagi hambatan. Tinggal menunggu deklarasi konkrit agar tidak ada keragu-raguan di masyarakat. Secara terpisah, Ketua DPC PPIB kota Pematangsiantar Kennedy Parapat SE dan Ketua DPC Partai Buruh EB Manurung SH dikonfirmasi SIB membenarkan partainya positif mendukung Hulman Sitorus.
“SK DPP Partai Buruh No.06/S-KEP/DPP-Partai Buruh/ 11/2010 tertanggal 1 Februari 2010,” ungkap EB Manurung.
Memberi warna baru
Karir politik Hulman Sitorus semakin teruji. Pengalaman dalam organisasi politik pun organisasi nonpolitik mewarnai lembaran hidupnya menempatkan sosok dirinya akan diperhitungkan. Tak disangsikan kemampuan intelektualnya menerapkan manajemen supra modern mengaplikasikan teori isi buku karangan Tanri Abeng MBA yang dijuluki manajer sohor semiliar itu.
Pengalamannya sudah terukur dan teruji memimpin organisasi membuat jati dirinya semakin lengkap atas aplikasi kepedulian sosial tinggi dalam kehidupan dan hidup masyarakat khususnya yang termarjinalkan. Spontanitasnya memahami dan merenungi nasib masyarakat marjinal, membuat deras arus simpati mengalir kepadanya. Ini fakta dan realitas di kalangan masyarakat, kata Erwin Sinaga seorang warga seperti melempar pujian.
Setidaknya, keikutsertaan Hulman Sitorus SE mengisi bursa pencalonan walikota periode lima tahun ke depan, diyakini akan memberi warna baru bagi masyarakat dan daerah Pematangsiantar. Bisakah menjadi realita? Tentu suara rakyat yang menentukan. Hulman dengan sifat kerendahan hatinya berucap; “Bila diinginkan Tuhan siapapun tidak ada yang mampu menghalanginya.” (S2/m)

HEROWHIN SINAGA AP MSI

Pasangan(SIB)

Konsep “Siantar Bersatu” Herowhin TF Sinaga AP MSi dan Hj Farida Riani Damanik (RODA) Bawa Sejahterakan Rakyat Siantar



PASANGAN RODA: Pasangan balon walikota dan wakil walikota Herowhin TP Sinaga AP MSi dan Hj Farida Riani Damanik yang dikenal dengan sebutan RODA. (Foto SIB/S5)
Pematangsiantar (SIB)
Pasangan Herowhin TF Sinaga AP MSi dan Hj Farida Riani Damanik dengan sebutan RODA tampaknya merupakan balon (bakal calon) walikota dan wakil walikota P Siantar yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh pesaing balon lainnya. Pasangan yang sudah pasti diusung oleh PAN, PDS, Partai Hanura dan PPI ini akan dideklarasikan pada tanggal 20 Februari 2010 di Conventional Hall Siantar Hotel P Siantar.
Herowhin Sinaga kepada SIB, Senin (15/2) malam di kediamannya Jalan Handayani P Siantar mengatakan bahwa strategi untuk memajukan kota P Siantar telah dituangkan dalam visi dan misi yang sangat logis dan mampu untuk dijalankan dan dilaksanakan yakni visi: “Kota P Siantar menjadi kota bersih, sakral dan kota tujuan, disingkat SIANTAR BERSATU. Misi: membentuk aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibawa, menjadikan lingkungan kota P Siantar yang bersih dan nyaman, membentuk kehidupan beragama yang bertoleransi dan berkembang, mendorong pengembangan dan pembangunan potensi budaya, pembangunan infrastruktur perkotaan yang berkonsep dan meningkatkan/mengembangkan pendidikan, kesehatan, industri, perdagangan dan jasa.
Untuk mencapai semua program tersebut kita buat strategi pencapaian visi dan misi. Strategi pertama SIANTAR BERSATU meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan publik. Program ini tentu yang akan kita laksanakan adalah di antaranya meningkatkan disiplin dan pengawasan, pemberian sanksi yang tepat serta memberikan penghargaan sesuai prestasi, pengaturan dan penataan sistem kerja berdasarkan kajian jam dan hari kerja, peningkatan kinerja fungsi organisasi, peningkatan pengawasan aparatur daerah dan pembangunan, pembenahan peraturan perundangan daerah.
Selanjutnya, kata Herowhin Sinaga yang lahir 16 Juni 1974 itu adalah pengembangan sistem informasi akuntabilitas pemerintah daerah, peningkatan kemampuan pegawai sesuai kebutuhan, peningkatan efisiensi dan efektivitas struktur organisasi pemerintahan daerah sesuai tupoksi, penataan ruang wilayah, penegakan hukum rencana tata ruang dan peningkatan mutu dan sarana/prasarana pelayanan publik, ujar suami dari Vera Silva Fransiska Br Silalahi itu.
Strategi kedua SIANTAR BERSATU adalah memacu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi dengan memberdayakan/membina secara terpadu usaha kecil menengah dan besar, pengembangan dan pemantapan kelembagaan koperasi dan UKM termasuk SDM-nya, peningkatan sarana dan prasarana pendukung, penataan pemerintah yang wirausaha (entrepreneur government), peningkatan dan pemerataan investasi, peningkatan kapasitas infrastruktur, telekomunikasi dan suplai energi, pemberdayaan stakeholder dalam pengembangan investasi, pengembangan bisnis daerah dan pemanfaatan sumber daya yang berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan.
Strategi ketiga adalah meningkatkan pembangunan teritorial dengan mengembangkan usaha aktivitas masyarakat melalui pengembangan potensi perdagangan, jasa dan agrobisnis, peningkatan kualitas pendidikan dengan 3 T (tersedia, terjangkau dan terjamin, pengembangan pendidikan formal dan infromasl di perkotaan, peningkatan pelayanan kesehatan, pengembangan nilai-nilai agama, budaya, adat istiadat, etika dan moral.
Untuk itu agar semua strategi itu dapat diwujudnyatakan maka bagi kami sangat menghargai satu suara untuk semua dan semua suara untuk satu dalam Pemilukada nanti. Bagi kami strategi untuk memenangkan dalam Pilkada nanti tidak ada strategi khusus dan kami percayakan rakyat Siantar dari semua kelurahan pasti ingin SIANTAR BERSATU, ujar Herowhin yang juga mantan Kepala Bappeda P Siantar itu.
Terpenting kami sampaikan, lanjut Herowhin bahwa kita akan bangun perumahan rakyat yang murah bagi rakyat dan pemberian asuransi kesehatan bagi siswa SD sampai tingkat SLTA dan pembentukan Badan di pemerintahan yang khusus menangani perumahan, Taman Pemakaman Umum dan kegiatan sosial masyarakat lainnya. Ini penting, karena sampai saai ini tentang perumahan, asuransi kesehatan dan TPU adalah masalah yang paling tinggi kita temukan di masyarakat.
Ditambahkan, permasalahan utama dalam pembangunan Kota P Siantar saat ini adalah mengurangi keterisolasian dan keterbelakangan, terutama mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan kebodohan, mengurangi kesejangan antar wilayah, antar sektor, antar golongan pendapatan dan kita harus menjaga kualitas lingkungan.
SIANTAR BERSATU merupakan strategi dan kebijaksanaan yang bukan saja dapat memerangi keterisolasian dan keterbelakangan, memerangi kemiskinan dan mengurangi terjadinya kesenjangan antar wilayah, sektor dan golongan pendapatan namun juga merupakan paradiqma baru pembangunan yang dapat memadukan aspek pertumbuhan dan pemerataan pembangunan secara simultan. Konsep dasarnya adalah pemberdayaan seluruh komponen baik pemerintahan. Masyarakat maupun swasta, dimana ketiga komponen tersebut merupakan kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Kesemuanya itu ditujukan untuk mencapai kejayaan kota P Siantar, tegas ayah dari Jianni Herawaty Br Sinaga itu.
Pencapaian semua program pembangunan yang akan kita laksanakan, tambah Herowhin, dilakukan melalui pergeseran pemanfaatan potensi daerah menjadi priority recourses dengan mengedepankan 3 (tiga) sektor unggulan yakni SDM, agribisnis dan tourism. Strategi pembangunan semacam ini berupaya melakukan penumbuhkembangan potensi dan sumber daya yang ada yang bertumpu pada kemampuan sendiri yang dapat dikategorikan sebagai pembangunan endogen, sebagai jawaban atas kenyataan bahwa pembangunan yang dilaksanakan tanpa landasan endogen yang kuat sangat mudah diterpa dan diporak-porandakan kekuatan luar.
Dengan penerapan model pembangunan endeogen sebagaimana diuraikan, maka kita harapkan kota P Siantar akan tumbuh dan berkembang menjadi daerah yang maju dan mandiri secara berkeadilan, sehingga masa depan kota P Siantar yang lebih baik menjadi kenyataan. Dengan jiwa bersatu (bersih, sakral dan tujuan) dalam wadah NKRI dengan kapasitas dan kualitas yang lebih baik dan lebih maju, ujar Herowhin Sinaga tamatan STPDN tahun 1997 dan pasca sarjana UGM tahun 2005 itu.
Ditambahkan bahwa pada acara deklarasi nanti tanggal 20 Februari 2010 di Conventional Hall Siantar Hotel P Siantar akan hadir Ketua Umum DPP PDS Ruyandi Hutasoit, Ketua Umum DPP PPI Drs Efendi Saud MBA dan Sekjen Drs Reinhard Samah serta Ketua DPW PAN Sumut Ir Kamaluddin Harahap dan Sekjen Parluhutan Siregar. (S5/d)




REZA SAHPUTRA SH













10 Parpol Usung Heriza Syahputra Jadi Calon Walikota Siantar E-mail
Written by M Gunawan Purba   
Wednesday, 24 February 2010 11:30
10 pimpinan partai politik (Parpol) di Kota Pematangsiantar, menandatangani nota kesepakatan mengusung pasangan calon walikota M Heriza Syahputra SH dan calon wakil walikota Horas Silitonga, Selasa (23/2), untuk bertarung di Pemilukada Kota Pematangsiantar.

Ke 10 partai itu terdiri dari 5 partai peraih kursi di lembaga legislatif lokal dan 5 partai lainnya tidak memiliki kursi (partai non seat). Masing masing partai peraih kursi ditandatangani Ketua DPD Partai Golkar Pematangsiantar Ramli Silalahi, Ketua DPC PKS Ibnu Harbani, Ketua DPC PPI Binsar Manurung, Ketua DPC PMB Rahmansyah Purba dan Ketua DPC PBR M Yusuf Siregar.

Sedangkan partai non seat di tandatangani Ketua DPC Partai Barnas Ahmad Efendi Lubis, Ketua DPC PKB Azhari Hasibuan, Ketua DPC PBB Armansyah Nasution, Ketua DPC PPP M Paidi dan Sekretaris DPC Partai Indoensia Sejahtera (PIS) Irawan.

Dengan ditandatanganinya naskah kerja sama atau nota kesepakatan itu,  menurut Zainul Arifin Siregar selaku tim sukses (pemenangan) pasangan Heriza Syahputra dan Horas Silitonga, maka ke 10 partai itu, secara bersama sama akan berjuang untuk memenangkan Heriza Syahputra sebagai walikota dan Horas Silitonga sebagai wakil walikota pada Pemilukada Kota Pematangsiantar.

Disinggung Partai Pemuda Indonesia (PPI) sudah ada mendukung pasangan calon walikota dan calon wakil walikota lainnya, Herowhin Sinaga dan Frida Riani Damanik, Ketua DPC PPI Kota Pematangsiantar, Binsar Manurung mengatakan, kalau PPI yang sah adalah kepemimpinan yang Sekjen DPP PPI Niko Silitonga.

Sehingga, diluar dari itu dinilai Binsar Manurung tidak sah. Sedangkan untuk rekomendasi DPP PPI terhadap Heriza Syahputra sebagai calon walikota Pematangsiantar periode 2010 - 2015, ditandatangani oleh Plt Ketua DPP PPI Thamrin Simanjuntak bersama Sekjen Niko Silitonga.

Dipertegas kembali oleh Zainul Arifin Siregar, dirinya bersama tim sukses Heriza Syahputra dan Horas Silitonga lainnya, kalau mereka sudah mendapat penjelasan dari Departemen Hukum dan Ham (Depkumham), bahwa PPI yang sah yang dipimpin Sekjen Niko Silitonga. Penjelasan dari Depkumham itu diterima tim sukses Heriza dan Horas pada 4 Januari 2010 yang lalu.

Sementara itu, M Heriza Syahputra secara singkat menjelaskan, kalau dirinya memiliki visi dan misi untuk mengoptimalkan peran pemerintah kelurahan, serta melakukan pelayanan perizinan yang transparan. Peran pemuda dalam pembangunan, juga bagian dari visi dan misi Ketua KNPI Kota Pematangsiantar tersebut.
M Gunawan Purba | Global|  Pematangsiantar

PROF POLTAK SINAGA MSI/DRS JALEL SARAGIH

Dari sekian banyak calon Walikota Pematang Siantar 2010-2015, yang ini satu-satunya bergelar profesor yang  mendaftar  lewat jalur perseorangan. Dia adalah Prof Poltak Sinaga Msi. Ketika mendaftar ke KPU Minggu (17/1) calon walikota yang berpasangan dengan Drs Jalel Saragih ( Mantan Kadis Pendapatan Kota Siantar) ini merasa percaya diri maju dengan didukung 17.740 orang.
       Prof Poltak Sinaga mengemukakan, jika terpilih akan mengedepankan  prinsip keterbukaan dalam kepemimpinan, maka pemerintahan dalam lima tahun ke depan akan mampu memberikan pelayanan prima atas hajat hidup orang banyak dan penggunaan APBD mampu memenuhi harapan masyarakat.


Pendaftaran Calon Wali Kota Cetak E-mail
Jumat, 26 Pebruari 2010

Image
Ketua KPUD Siantar Rajaingat Saragih menerima pendaftaran pasangan Poltak dan Jalil, Kamis (25/2).
Poltak-Jalil Pertama Mendaftar
SIANTAR-METRO; Prof Dr Poltak Sinaga dan Drs Jalil Saragih menjadi pasangan pertama yang mendaftar pada hari pertama dibukanya pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar di Kantor KPUD Siantar, Kamis (25/2). Pasangan Poltak dan Jalil mendaftarkan diri dari jalur perseorangan (independen). Berkas pendaftaran Poltak-Jalil diterima Ketua KPUD Rajaingat Saragih SH didampingi anggotanya M Dilan.

Kepada METRO, Ketua KPUD Siantar Rajaingat Saragih SH usai menerima formulr pendaftara pasangan Poltak dan Jalil mengatakan, pihaknya telah menerima satu pasang pendaftar untuk Pemilukada Siantar 2010. "Kita telah menerima pendaftaran pasangan Poltak- Jalil untuk menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar. Berkas selanjutnya akan diverifikasi usai jadwal pendaftaran ditutup tanggal 3 Maret mendatang," katanya.
Diutarakan Rajaingat, bagi Balon dari jalur independen, namun belum lolos verifikasi dukungan, diwajibkan untuk melengkapi dan menambah berkas dukungan dan menyerahkan ke KPUD seminggu setelah pendaftaran ditutup, agar segera dilakukan verifikasi tahap awal. Sedangkan untuk yang mendaftar dari jalur partai politik, diharuskan melengkapi berkas dukungan parpol atau gabungan parpol yang memiliki jumlah kursi di DPRD Siantar sebanyak lima kursi. "Dukungan parpol tersebut juga akan diverifikasi keabsahannya, sehingga pada saat penetapan calon nantinya tidak ada lagi yang mempermasalahkannya," tegasnya. (mag-14)




I

SYAHRIZAL LUBIS
       Syahrizal Lubis juga maaju jadi Walikota Pematang Siantar dari jalur perseorangan yang mengaku didukung 14.487 orang yang berpasangan dengan dr Petrus Yusuf.


FRANS IMANUEL SIMARMATA/DRA ROKIBA HASIBUAN

BAKAL CALON WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA
PEMATANG SIANTAR 2010-2015 DARI JALUR PERSEORANGAN

NO
NAMA PASANGAN
BAKAL CALON

KETERANGAN
1
DR RIA TELAMBANUA
DRS. SURYATNO

Didukung 20.200 orang
2
BARKAT SYAH
IR BONDETH DAMANIK

Didukung 27.846 orang
3
DR MARGAN RP SIBARANI
DRA RUPINA ARUAN

Didukung 20.179 orang
4
PROF POLTAK SINAGA MSI
DRS JALEL SARAGIH

Didukung 17.740 orang
5
IR HM ALIPIA LUBIS
IR FIRMAN PASARIBU

Didukung 22.000 orang
6
FRANS IMANUEL SIMARMATA
DRA. ROKIBA HASIBUAN

Didukung 19.852 orang
7
Kusdianto SH
 Sory Ria Tarigan

Didukung 14.833 orang
8
Syahrizal Lubis
 dr Petrus

Didukung  14.487 orang

Jumlah dukungan
Calon perseorangan

               149.949 orang





BAKAL CALON WALIKOTA/WAKIL WALIKOTA
PEMATANG SIANTAR 2010-2015 ( yang diprediksi dari PARPOL)


NO
NAMA PASANGAN
BAKAL CALON
DICALONKAN
KETERANGAN
1
IR RE SIAHAAN
Partai Demokrat ?

2
IR MAHRUM SIPAYUNG MS
EVRA SASSKY DAMANIK S.Sos
PDIP-Partai Persatuan Daerah-PPIB-PNBK ?

3
HULMAN SITORUS SE
DRS KONI ISMAIL SIREGAR
?

4
HEROWHIN SINAGA AP, MSI
PDS-PAN

5
REZA SAHPUTRA SH
?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar