SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Kamis, 14 Oktober 2010

Menhut: Tidak Ada Pembalakan Liar di Wasior

Menhut: Tidak Ada Pembalakan Liar di Wasior
Manokwari (ANTARA) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegaskan tidak ada pembalakan liar di Wasior, Papua Barat, setelah melakukan pantauan udara di kawasan itu.
"Di Wasior tidak ada pembalakan liar. Itu sudah bisa dipastikan," katanya setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di dalam tinjauan di Manokwari dan Wasior, Papua Barat, Kamis.
Zulkifli mengaku telah melakukan pantauan udara di atas hutan di Wasior bersama beberapa petinggi Kementerian Kehutanan. Berdasar pantauan itu, katanya, tidak ditemukan bekas pembalakan liar.
Menurut dia, kontur tanah di kawasan itu sangat curam jadi tidak menguntungkan bagi para pencuri kayu.
Zulkifli membenarkan ada pohon yang hanyut terbawa banjir yang terjadi pada 4 Oktober itu. Namun, dia berani memastikan, kayu-kayu yang hanyut itu bukan akibat pembalakan liar.
Menurut Zulkifli, pohon-pohon itu tercabut dari tanah akbat longsor yang sering terjadi di Wasior. Berdasar pantauan udara, dia berani memastikan banyak tebing di hutan Wasior longsor.
"Ada lebih dari 20 titik tebing longsor," katanya.
Zulkifli menambahkan, pohon-pohon yang hanyut sebagian besar sudah tanpa kulit pohon. Menurut dia, hal itu disebabkan pohon sudah terendam air dalam waktu yang lama.
"Kalau memang ditebang, kenapa harus dikuliti?" kata Zulkifli mempertanyakan.
Oleh karena itu, Zulkfli meminta semua pihak menghentikan polemik tentang tuduhan adanya pembalakan liar di Wasior.
Menurut dia, pohon-pohon itu tertimbun tanah longsor dalam waktu yang cukup lama. Timbunan tanah dan pohon itu telah menyumbat aliran sungai, sehingga ketika debit air naik sumbatan itu hancur dan terjadi banjir bandang.
Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyatakan, pembalakan liar menjadi salah satu penyebab banjir bandang di Wasior, Papua Barat.
Walhi menyatakan, kelebatan hutan tidak bisa menjadi indikator untuk menyatakan tidak terjadi pembalakan di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar