SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Kamis, 14 Oktober 2010

Kemendagri Laksanakan Orientasi Bagi


Banda Aceh (ANTARA) - Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Dalam Negeri (Diklat Kemendagri) akan melaksanakan orientasi bagi puluhan kepala daerah yang baru terpilih.
"Orientasi itu akan kami jadwalkan bisa berlangsung pada 17 Oktober 2010. Kami akan mengundang sebanyak 60 kabupaten dan kota yang kepala daerahnya baru saja terpilih," kata Kepala Badan Diklat Kemendagri Tarmizi A Karim di Banda Aceh, Kamis.
Hal itu disampaikan di sela-sela rapat koordinasi (rakor) bidang kepegawaian kabupaten dan kota yang diikuti puluhan birokrat se-Aceh.
Ia menjelaskan dalam orientasi tersebut ada lima modul yang akan diberikan, antara lain pemahaman tentang pemerintahan, demokrasi, hubungan pusat dan daerah, etika pemerintahan dan pemberantasan praktek Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).
Tarmizi A Karim menyebutkan pada orientasi kepada kepala daerah yang baru terpilih itu juga akan dihadirkan sejumlah kalangan profesional sebagai pembicara pada acara tersebut.
Dijelaskan, orientasi para kepala daerah yang sebelumnya hanya berlangsung beberapa hari namun kini akan ditambah menjadi tiga pekan, dengan harapan bisa meningkatkan kapasitasnya di masa mendatang.
"Kalau dilakukan hanya satu atau dua hari, maka kami meyakini belum cukup dalam upaya pemerintah meningkatkan kapasitas para kepala daerah," katanya menambahkan.
Karena, mantan Bupati Aceh Utara itu menyebutkan di era reformasi saat ini para kepala daerah berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda dan sebagian diantaranya adalah bukan birokrat.
Tujuan yang tidak kalah pentingnya dari orientasi para kepala daerah itu adalah upaya pemerintah menuju perubahan prilaku untuk pencitraan (karakter bangsa).
Di pihak lain, ia menilai hingga saat ini ada diantara kepala daerah yang masih takut ketika menghadapi persoalan kemasyarakatan, termasuk jika ada kritikan dari elemen masyarakat.
"Kepala daerah apa itu gubernur, bupati atau wali kota agar tidak perlu takut dalam menghadapi persoalan rakyat yang disampaikan kepada kita. Pemerintah harus mencari solusinya jika ada masalah tersebut," kata Tarmizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar