SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Selasa, 19 Oktober 2010

Perbandingan Nasib Antara SBY dengan Obama

Perbandingan Nasib Antara SBY dengan Obama
1 dari 2 Kompasianer menilai Bermanfaat.
Presiden Obama dan Presiden SBY (vibizdaily.com)
Presiden Obama dan Presiden SBY (vibizdaily.com)
Sungguh menarik untuk membandingan nasib Presiden SBY dengan Presiden Obama yang sama-sama mengusung Partai Demokrat. Dan lebih menarik lagi jika  ternyata nasib keduanya beda jauh. Yang berakibat jauh pula pada prilaku, kebijakan, dan efektifitas mereka berdua selama memangku jabatan Presiden. Ini baru saya sadari setelah lewat hari ulang tahun Partai Demokrat pimpinan SBY baru-baru ini.
Mari sama-sama perhatikan 9 perbedaan penting di bawah ini untuk sekedar menginventarisir:
1) SBY mewarisi Indonesia sebagai negara “super problem” dengan krisis multidimensional. Akibatnya SBY memikul beban berat untuk memberesi banyak problem agar RI tumbuh menjadi negara bermartabat. Sedangkan Obama sibuk melanggengkan posisi Amerika sebagai satu satunya negara “super power”.
2) SBY memimpin bangsa yang baru belajar demokrasi dimana sektor ekonomi dikuasai relasi  tionghua-nasrani. Obama memimpin rakyat yang telah matang demokrasi dimana sektor ekonomi dikuasai relasi eropa-yahudi-nasrani.
3) SBY menghadapi penyakit akut bangsa berupa korupsi, mafia hukum, separatisme, dan terorisme. Obama hanya menghadapi pertarungan kepentingan antara kaum industriawan versus kaum buruh.
4) SBY wajib mengemis dukungan dari DPR agar kebijakannya terlaksana. Obama cukup melempar kebijakan populer karena bermodalkan wakil wakil Democrat Party yang dominan.
5) SBY meraih jabatan dengan semangat pedagang melalui iklan Indomie “ESBEYEEE…SELERAKU”. Obama dengan semangat perubahan nasib melalui “CHANGE WE CAN” dan “YES, WE CAN”.
6) SBY berasal dari kelompok penduduk mayoritas berlatarbelakang jendral militer, tapi kurang percaya diri. Obama dari minoritas dan sipil, tapi selalu percaya diri untuk mengubah nasib bangsa dan dunia.
7) SBY cenderung menengok ke belakang -  mengadopsi gaya Soeharto-Orde Baru. Obama tampil anyar dan emoh berada di bawah bayang bayang pendahulunya George W Bush.
8) SBY sukses  membangun keluarganya merintis dinasti politik-ekonomi. Obama sukses lolos dari jebakan maut krisis ekonomi akibat perang Irak dan Afganistan di masa George W Bush.
9) SBY mahir bernyanyi, menciptakan lagu, dan hobby rekaman. Obama mahir berpidato mengusung perdamaian dunia, dan tidak punya bakat buang buang waktu mikirin lagu, apalagi mojok melulu di studio rekaman.
Begitulah pengamatan saya sebagai penggemar berita politik. Semoga kita memaklumi nasib mereka berdua dengan memperhatikan 9 perbedaan tsb di atas. Apapun yang mereka lakukan tak lepas dari kondisi tsb yang berakibat langsung pada kinerja mereka berdua. Anda bisa tambahkan dan koreksi jenis-jenis perbedaan tsb di atas, monggo…
Jika diringkas maka Presiden Obama  dalam posisi cukup beruntung untuk meraih kisah sukses. Sedangkan dewi fortuna  tampaknya ragu-ragu untuk mengantar kisah sukses Presiden SBY.
***
Salam Ngluyum,
Ragile 19-okt-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar