SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Jumat, 01 Oktober 2010

Kali Tuka Bakal Mengancam Masyarakat Kampung Tukapugi Moanemani

PDF Print E-mail
 
Wednesday, 18 August 2010 17:38
NABIRE - Kali Tuka yang mengalir di tengah kota Moanemani bakal mengancam masyarakat yang tinggal di Kampung Tukapugi, Moanemani akibat menyempitnya bentang kali tersebut. Kali yang membelah Moanemani ini kini mulai menyempit akibat pembuangan sampah sehingga dampaknya mulai dirasakan oleh warga yang tinggal di belakang Pasar Moanemani.
Mahasiswa Universitas Papua, Manokwari, Viktor  Bobii yang baru kembali dari kampung saat bertandang ke redaksi, Rabu (18/8) mengatakan kali Tuka pada beberapa tahun lalu cukup lebar sehingga airnya lancar mengalirkan ke arah selatan lembah Kamu. Namun, kini, kali Tuka yang membela Moanemani semakin menyempit. Akibatnya, ketika hujan, air dari Tuka meluap ke lahan dan pekarangan dari masyarakat Kampung Tukapugi yang tinggal di bagian belakang Pasar Moanemani.
Tak hanya itu, kata Viktor, saat hujan sampah dari kali  Tuka juga meluap di atas lahan kebun masyarakat yang kebanyakan berada di pekarangan.
Mahasiswa Unipa Manokwari ini menilai, kali mulai menyempit sehingga air dan sampah meluap ke tengah pemukiman masyarakat Tukapugi karena pembuangan yang tidak beraturan. Sampah dari pasar dan pendudukan yang tinggal di sepanjang kali membuang sampahnya ke Tuka sehingga sampah dan batangan pisang ikut mempersempit aliran air ke muara di Kamu Selatan.
Apabila hal ini tidak diperhatikan dan ditangani cepat, luapan air dan sampah tidak hanya akan dirasakan oleh masyarakat Tukapugi tetapi juga berdampak di hamparan lembah dan Kamu Selatan.
Oleh sebab itu, Viktor berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai agar menyiapkan lokasi pembuangan sampah dan menyediakan bak sampah di tengah dan sekitar Pasar Moanemani. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar