SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Jumat, 15 Oktober 2010

Calon Bupati Dogiyai Harus Memenuhi Beberapa Kriteria




Written by Mr Suroso   
Tuesday, 08 June 2010 23:04
NABIRE – Walau hingga kini masih belum ada kepastian penyelenggaraannya, rencana Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) dan siapa saja figur pemimpin di Kabupaten Dogiyai ternyata sedang hangat diperbincangkan berbagai kalangan.
Tokoh Intelektual asal Dogiyai yang juga peneliti dan penulis buku, Yakobus Odiyaipai Dumupa, S.Ip dalam perbincangan dengan Papuapos Nabire, Selasa (8/6) malam, mengemukakan beberapa hal yang menjadi sikap pribadi terhadap pelaksanaan Pemilu Kada Langsung Kabupaten Dogiyai, terutama soal kandidat Bupati dan Wakil Bupati.
Menurut Jack, pada prinsipnya semua orang Dogiyai mempunyai hak untuk mencalonkan diri. Hal itu dijamin secara hukum, demokrasi dan hak asasi manusia. Karena itu, tak ada calon Bupati atau Wakil Bupati yang diistimewakan atau mengistimewakan diri. “Siapa saja boleh mencalonkan diri dan dicalonkan oleh rakyat, dan pada akhirnya rakyatlah yang akan menentukan,” tandasnya.
Meski begitu, kata dia, siapapun calon Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai nanti harus dipilih yang terbaik. “Calon yang terbaik menurut saya mempunyai beberapa kriteria. Salah satunya, calon kandidat harus bermoral. Artinya mempunyai kepribadian yang baik, misalnya tidak suka mabuk, sundal, suka menipu rakyat, atau membuat kacau apalagi membunuh orang,” tutur Dumupa.
Kriteria kedua, sebutnya, tidak pernah melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) selama ini. Ketiga, berani dan bertanggungjawab, artinya orang yang berani mengambil sikap dan membuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat, bukan orang yang maunya diatur oleh kepentingan tertentu.
Keempat, cerdas yaitu orang yang memahami dan memenuhi kebutuhan dan kepentingan rakyat dengan cepat dan tepat.
“Kemudian kriteria kelima, orang yang pro-penduduk asli, bukan menjadi hamba dan diatur oleh para pendatang, terutama orang non-Papua yang kerjanya memang cari makan,” ujar Jack.
Ia berpendapat, entah siapapun yang nanti terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Dogiyai, perlu dihormati. “Bagi mereka yang kalah tidak perlu cengeng dan melarikan diri dari Dogiyai. Harus dipahami bahwa Pilkada langsung adalah hal yang wajar dalam demokrasi, karena itu hasilnya nanti harus diterima dengan wajar pula,” katanya mengingatkan. (you)
Hits: 220
Komentar (2)Add Comment
0
YANG JADI BUPATI DAN WAKIL BUPATI K ABUPATEN DOGIYA HARUS MENAR-BENAR PUTRA DAERAK KAMU MAPIA
Dikomentari oleh Jhon Ipouga kamoooooooo, June 09, 2010
Kami dari Mahasiswa dan atas nama Masyarakat kabupaten dogiyai menegaskan bahwa yang berhak menjadi seorang pemimpin daerah kabupaten dogiyai adalah yang benar-benar berhak caleg adalah seorang putra daerah/ pribumi kamu dan mapi sendiri karena sesuai dengan uu otonomi tahun 2001 tentang siap yang jadi kepalah daerah harus benar- benar jadi orang asli daerah.Baik itu kepala maupun wakil, sebulum melangkah pembangunan kedepan pemerintah maupun masyarakat asli dogiyai harus mengambil suatu keputusan /tingdakan yang tepat..karena segalah sesuatu tanpa dasar kedepan akan gelap dan tertimbun.Dan hal ini, KPU harus membuat kriteria atau syarat sesuai dengan otonomi. Supaya diman TUHAN memberikan dan menempatkan alam dan masyarakat yang ada di kamu mapia kedepan tidak ada korban atau konflik..Dan ada beberapa jadi pertimbangka bagi KPU Dogiyai dan Mengapa kepalah dan wakil harus jadi orang asli dogiyai:
1.Orang asli dogiyai telah mengetahui tempat-tempat larangan nenek moyang yang bisa membawa dampak negatif atau buruk bagi masrayakat dogiyai, apabilah daerah tersebut dibonkar atau salah digunakan pembangunan daerah.
2. memahami keberadaan agama, budaya dan sejarah kamu dan mapia
3. memiliki daerah strategis
Berdiri diatas budaya ibu ku, tuhan dan apa yang ada pada kita...supaya masyarakat aman dan damai/.....imanuel!
0
.................indah....................
Dikomentari oleh edmon pigai, June 14, 2010
Kehidupan manusia perlu mengejar sesuatu dengan penuh harapan dan dengan tujuan hidup yang berbeda, maka kita perlu mengetahui bahwa manusia bukan hanya mendapatkan sesuatu dengan cuma- cuma, tetapi perlu melewati senang, susah, sakit dan perlu melewati penderitaan yang sangat dasiat. Dari situlah manusia menemukan kehidupan manusia merupakan suatu persoalan dalam mengambil keputusan untuk mewujudkan suatu tujuan hidup seseorang ada di tangan pribadi, agar tujuan hidup terukir dengan peno-mena keindahan.

Oleh sebab itu dalam perjalanan hidup perlu merasakan, memiliki dan memahami bahwa keindahan tak mudah datang dengan sendirinya, maka kita berjuang dengan sekuat tenaga dan disamping itu mengeluarkan tenaga, waktu dan uang demi mewujudkan suatu impian.

dan dalam perjuangan perlu megembangkan skiil sedikit demi sedikit untuk mendapatkan tujuan yang kita impikan dan kalau kita patohkan satua tujuan maka tujuan kita bisa gagal, oleh sebab itu kita harus memiliki suatu agurmen bahwa kita tidak perlu kalah dari tantangan dalam hidup kita.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar