SELAMAT DATANG DI EMBUNG KEMUGE

selamat datang di embung kemuge

Senin, 11 Oktober 2010

Bupati Buka Seminar Peringati Hari Usia Lanjut Nasional



Written by Mr Suroso   
Tuesday, 01 June 2010 04:14
NABIRE – Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, Sabtu (29/5) secara resmi membuka pelaksanaan seminar sehari dalam rangka Hari Usia Lanjut Nasional 2010 tingkat Kabupaten Nabire.  Kegiatan seminar yang dipusatkan di Gedung Karel Gobay diikuti oleh ratusan peserta.
Dalam sambutannya Bupati Isaias mengatakan, kegiatan ini memiliki nilai dan makna yang sangat penting. Karena kita perlu sadari bahwa sesorang dalam memasuki usia lanjut banyak hal yang akan dihadapi sebagai akibat dari suatu hukum alam terhadap perkembangan kehidupan manusia.  Semakin senja usia manusia, maka akan semakin memiliki keterbatasan dan rentan terhadap berbagai penyakit, maupun persoalan-persoalan sosial lainnya.
Oleh karena itu, lewat seminar yang dilaksanakan yang diprakarsai oleh Posyandu usia lanjut Santo Rafael, yang bekerja sama dengan Pemuda Indonesia Lawan Aids (PICA), Reaksi Rafael Bumi Wonorejo Club (RRBC) dan Puskesmas Bumi Wonorejo, perlu kita sambut baik.
Sebab melalui seminar ini akan memberikan pemahaman kepada kita, bagaimana mengantisipasi dan menyikapi kondisi yang mana nantinya kita semua akan mengalaminya. Bahkan bagaimana perilaku kita yang masih sehat dan muda dalam menangani dan merawat para usia lanjut yang juga adalah merupakan orang tua kita sendiri.
“Seminar yang dilaksanakan ini mempunyai arti yang sangat penting bagi kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat. Sebab merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita bersama untuk menyiapkan suatu kondisi yang nyaman dan damai bagi masyarakat Kabupaten Nabire yang telah memasuki kategori usia lanjut,” katanya.
Lebih lanjut dikatakan, rasa cinta, kasih sayang dan perhatian kita terhadap orang-orang yang telah lanjut usia adalah merupakan suatu kewajiban kita selaku anak untuk menunjukkan bakti kita dan penghormatan kita. Sebab kita harus sadar bahwa kita semua ada dan dapat mengenyam kehidupan ini sejak balita hingga menjelang usia senja ini, tidak terlepas dari ketekunan para orang tua kita yang mungkin pada saat ini sudah tergolong manusia lanjut usia. Demikian selanjutnya siklus kehidupan ini akan terus berjalan dimana pada waktunya nanti kita akan mengalaminya juga.
Diakuinya, kepedulian dan pelayanan kita terhadap orang-orang yang tergolong lanjut usia khususnya di Kabupaten Nabire ini, belumlah sebaik di daerah-daerah lain. Oleh karena rtu, dalam hal ketertinggalan kita pada subsektor ini, bupati mengharapkan agar dalam seminar ini, hendaknya mendapat perhatian yang lebih serius dari kita semua terutama para peserta seminar.  Untuk bersama-sama memikirkan langkah-langkah atau kegiatan-kagiatan yang lebih kongkrit, dengan tetap memperhatikan kelangsungan kegiatan yang telah berjalan selama ini.
“Hal ini kiranya sejalan dengan thema yang diangkat oleh panitia seminar hari usia lanjut tahun 2010, yakni dengan mengangkat tema nasional, memperkuat kelembagaan lanjut usia, dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, dengan tema daerah adalah, usia lanjut yang berdaya dan semakin bergaya,” katanya.
Berpijak dari tema ini, maka langkah yang perlu dilaksanakan dalam hal penanganan lansia ini, seharusnya direncanakan dengan rapih dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Yang terdiri dari penyuluhan, pengobatan, perawatan maupun rujukan bagi lansia.  Maupun dalam pelayanannya, dari berbagai segi, sehingga dapat memberikan semangat dan harapan bagi para lansia.
Dengan demikian dapat kita harapkan keberadaan para lansia ini masih dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan. Sebab mereka cukup dan masih memberikan andil yang sangat besar dalam proses pembangunan ke depan sesuai dengan kemampuan mereka. Dan secara moralitas tindakan tersebut merupakan upaya yang sangat manusiawi.
Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara seminar, serta semua pihak terkait atas pikiran, kerja sama, serta kerja kerasnya dalam mengupayakan kegiatan yang memiliki arti dan manfaat yang sangat penting dalam pembangunan di daerah ini.
Selain itu, kata bupati, salah satu hal yang perlu disampaikan dan menjadi perhatian kita semua dalam hal penanganan orang-orang lanjut usia ini, adalah tentang pembinaan mental. Ini sangat penting, sebab tujuannya adalah agar para lansia ini selalu dalam kondisi yang nyaman, tenang dan gembira hatinya dalam kehidupan sehari-hari, serta tetap memiliki semangat.
Disamping itu yang perlu diperhatikan pula adalah pemberian makanan, yakni makanan yang bergizi, dengan keseimbangan menu yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan pekerjaan atau kesibukan seperti membuat pekerjaan tangan, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi, tenaga dan usia mereka. Sebab dengan parhatian seperti ini sungguh sangat membantu mereka dalam menikmati masalah hidup dihari tuanya.
“Tindakan konkrit yang saya sebutkan itu merupakan langkah-langkah atau tindakan kita akan kepedulian, kebersaman dan keserasian dari kita yang belum disebut lansia terhadap orang-orang lansia ini, sekaligus menggambarkan bahwa mereka masih sangat kita butuhkan,” ujarnya.
Disampaikannya, di negara-negara maju rata-rata usia harapan hidup bagi warga negaranya sangat balk.  Rata-rata usia mereka lebih lama dibandingkan dengan negara kita. Ini menunjukkan bahwa samakin tinggi tingkat kesadaran dan kepedulian mereka dalam hal penanganan orang usia lanjut.
Untuk itu, buati sangat mengharapkan agar dalam seminar ini, hendaknya dapat membicarakan, membahas, dan merumuskan langkah-langkah penanganan lansia, yang disesuaikan dengan kondisi dan budaya kita, sehingga kedepan dapat bermanfaat bagi kita semua. (ros)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar